Menampilkan Object dengan BlueJ
Artikel ini merupakan Tugas Pemrograman Berbasis Objek Kelas B Informatika ITS 2018/2019
Method yang digunakan bersumber pada project default yang terdapat dalam folder BlueJ.
Hasil
Class
Sourcecode
Lingkaran
Square
Triangle
Method yang digunakan bersumber pada project default yang terdapat dalam folder BlueJ.
Hasil
Class

Sourcecode
Lingkaran
import java.awt.*;
import java.awt.geom.*;
/**
* @editor M Husni Ridhart A
* @version 1.0 (16 Sept 2018)
*/
public class Circle
{
private int dia;
private int xPos;
private int yPos;
private String color;
private boolean isVisible;
/** Menginput data Lingkaran yang akan dibuat*/
public Circle()
{
dia = 30;
xPos = 20;
yPos = 60;
color = "yellow";
isVisible = false;
}
/** Menampilkan Lingkaran */
public void makeVisible()
{
isVisible = true;
draw();
}
/** Menghapus Lingkaran */
public void makeInvisible()
{
erase();
isVisible = false;
}
/** Menggeser lingkaran beberapa pixel ke kanan*/
public void kanan()
{
moveHorizontal(20);
}
/** Menggeser lingkaran beberapa pixel ke kiri */
public void kiri()
{
moveHorizontal(-20);
}
/** Menggeser lingkaran beberapa pixel ke atas */
public void naik()
{
moveVertical(-20);
}
/** Menggeser lingkaran beberapa pixel ke bawah */
public void turun()
{
moveVertical(20);
}
/** Method untuk menggeser lingkaran ke kiri dan ke kanan */
public void moveHorizontal(int distance)
{
erase();
xPos += distance;
draw();
}
/** Method untuk menggeser lingkaran ke atas dan ke bawah */
public void moveVertical(int distance)
{
erase();
yPos += distance;
draw();
}
/** Mengubah ukuran Lingkaran */
public void changeSize(int newDiameter)
{
erase();
dia = newDiameter;
draw();
}
/** Merubah warna, yang tersedia adalah "red", "yellow", "blue", "green",
"magenta" dan "black".*/
public void changeColor(String newColor)
{
color = newColor;
draw();
}
private void draw()
{
if(isVisible) {
Canvas canvas = Canvas.getCanvas();
canvas.draw(this, color, new Ellipse2D.Double(xPos, yPos,
dia, dia));
canvas.wait(10);
}
}
private void erase()
{
if(isVisible) {
Canvas canvas = Canvas.getCanvas();
canvas.erase(this);
}
}
}
Square
import java.awt.*;
/**
* @editor M Husni Ridhart A
* @version 1.0 (16 Sept 2018)
*/
public class Square
{
private int besar;
private int xPos;
private int yPos;
private String color;
private boolean isVisible;
/** Menginput data untuk kotak yang akan dibuat */
public Square()
{
besar = 30;
xPos = 60;
yPos = 50;
color = "red";
isVisible = false;
}
/** Menampilkan Kotak */
public void makeVisible()
{
isVisible = true;
draw();
}
/** Menghilangkan Kotak */
public void makeInvisible()
{
erase();
isVisible = false;
}
/** Menggeser kotak beberapa pixel ke kanan */
public void kanan()
{
moveHorizontal(10);
}
/** Menggeser kotak beberapa pixel ke kiri */
public void kiri()
{
moveHorizontal(-10);
}
/** Menggeser kotak beberapa pixel ke atas */
public void naik()
{
moveVertical(-10);
}
/** Menggeser kotak beberapa pixel ke bawah */
public void turun()
{
moveVertical(10);
}
/** Method yang digunakan untuk menggeser objek ke kiri dan ke kanan */
public void moveHorizontal(int distance)
{
erase();
xPos += distance;
draw();
}
/** Method yang digunakan untuk menggeser objek ke atas dan ke bawah */
public void moveVertical(int distance)
{
erase();
yPos += distance;
draw();
}
/** Merubah ukuran kotak*/
public void changebesar(int newbesar)
{
erase();
besar = newbesar;
draw();
}
/** Merubah warna, yang tersedia adalah "red", "yellow", "blue", "green",
"magenta" dan "black".*/
public void changeColor(String newColor)
{
color = newColor;
draw();
}
/* Membuat Kotak */
private void draw()
{
if(isVisible) {
Canvas canvas = Canvas.getCanvas();
canvas.draw(this, color,
new Rectangle(xPos, yPos, besar, besar));
canvas.wait(10);
}
}
/* Menghapus Kotak */
private void erase()
{
if(isVisible) {
Canvas canvas = Canvas.getCanvas();
canvas.erase(this);
}
}
}
Triangle
import java.awt.*;
/**
* @editor M Husni Ridhart A
* @version 1.0 (16 Sept 2018)
*/
public class Triangle
{
private int tinggi;
private int lebar;
private int xPos;
private int yPos;
private String color;
private boolean isVisible;
/** Data Input untuk Segitiga yang akan di buat*/
public Triangle()
{
tinggi = 30;
lebar = 40;
xPos = 50;
yPos = 15;
color = "black";
isVisible = false;
}
/** Menampilkan Segitiga */
public void makeVisible()
{
isVisible = true;
draw();
}
/** Menghapus Segitiga */
public void makeInvisible()
{
erase();
isVisible = false;
}
/** Menggeser segitiga beberapa pixel ke kanan */
public void kanan()
{
moveHorizontal(20);
}
/** Menggeser segitiga beberapa pixel ke kiri */
public void kiri()
{
moveHorizontal(-20);
}
/** Menggeser segitiga beberapa pixel ke atas */
public void atas()
{
moveVertical(-20);
}
/** Menggeser segitiga beberapa pixel ke bawah */
public void bawah()
{
moveVertical(20);
}
/** Method untuk menggeser segitiga ke kiri dan ke kanan */
public void moveHorizontal(int distance)
{
erase();
xPos += distance;
draw();
}
/** Method untuk menggeser segitiga ke atas dan ke bawah */
public void moveVertical(int distance)
{
erase();
yPos += distance;
draw();
}
/** Mengubah ukuran Segitiga */
public void changeSize(int newtinggi, int newlebar)
{
erase();
tinggi = newtinggi;
lebar = newlebar;
draw();
}
/** Merubah warna, yang tersedia adalah "red", "yellow", "blue", "green",
"magenta" dan "black".*/
public void changeColor(String newColor)
{
color = newColor;
draw();
}
private void draw()
{
if(isVisible) {
Canvas canvas = Canvas.getCanvas();
int[] xpts = { xPos, xPos + (lebar/2), xPos - (lebar/2) };
int[] ypts = { yPos, yPos + tinggi, yPos + tinggi };
canvas.draw(this, color, new Polygon(xpts, ypts, 3));
canvas.wait(10);
}
}
private void erase()
{
if(isVisible) {
Canvas canvas = Canvas.getCanvas();
canvas.erase(this);
}
}
}
Komentar
Posting Komentar