Menampilkan Object dengan BlueJ

Artikel ini merupakan Tugas Pemrograman Berbasis Objek Kelas B Informatika ITS 2018/2019
Method yang digunakan bersumber pada project default yang terdapat dalam folder BlueJ.

Hasil



Class






Sourcecode

Lingkaran



 import java.awt.*;  
 import java.awt.geom.*;  
 /**  
  * @editor M Husni Ridhart A  
  * @version 1.0 (16 Sept 2018)  
  */  
 public class Circle  
 {  
   private int dia;  
   private int xPos;  
   private int yPos;  
   private String color;  
   private boolean isVisible;  
   /** Menginput data Lingkaran yang akan dibuat*/  
   public Circle()  
   {  
     dia = 30;  
     xPos = 20;  
     yPos = 60;  
     color = "yellow";  
     isVisible = false;  
   }  
   /** Menampilkan Lingkaran */  
   public void makeVisible()  
   {  
     isVisible = true;  
     draw();  
   }  
   /** Menghapus Lingkaran */  
   public void makeInvisible()  
   {  
     erase();  
     isVisible = false;  
   }  
   /** Menggeser lingkaran beberapa pixel ke kanan*/  
   public void kanan()  
   {  
     moveHorizontal(20);  
   }  
   /** Menggeser lingkaran beberapa pixel ke kiri */  
   public void kiri()  
   {  
     moveHorizontal(-20);  
   }  
   /** Menggeser lingkaran beberapa pixel ke atas */  
   public void naik()  
   {  
     moveVertical(-20);  
   }  
   /** Menggeser lingkaran beberapa pixel ke bawah */  
   public void turun()  
   {  
     moveVertical(20);  
   }  
   /** Method untuk menggeser lingkaran ke kiri dan ke kanan */  
   public void moveHorizontal(int distance)  
   {  
     erase();  
     xPos += distance;  
     draw();  
   }  
   /** Method untuk menggeser lingkaran ke atas dan ke bawah */  
   public void moveVertical(int distance)  
   {  
     erase();  
     yPos += distance;  
     draw();  
   }  
   /** Mengubah ukuran Lingkaran */  
   public void changeSize(int newDiameter)  
   {  
     erase();  
     dia = newDiameter;  
     draw();  
   }  
   /** Merubah warna, yang tersedia adalah "red", "yellow", "blue", "green",  
     "magenta" dan "black".*/  
   public void changeColor(String newColor)  
   {  
     color = newColor;  
     draw();  
   }  
   private void draw()  
   {  
     if(isVisible) {  
       Canvas canvas = Canvas.getCanvas();  
       canvas.draw(this, color, new Ellipse2D.Double(xPos, yPos,   
           dia, dia));  
       canvas.wait(10);  
     }  
   }  
   private void erase()  
   {  
     if(isVisible) {  
       Canvas canvas = Canvas.getCanvas();  
       canvas.erase(this);  
     }  
   }  
 }  

Square

 import java.awt.*;  
 /**  
  * @editor M Husni Ridhart A  
  * @version 1.0 (16 Sept 2018)  
  */  
 public class Square  
 {  
   private int besar;  
   private int xPos;  
   private int yPos;  
   private String color;  
   private boolean isVisible;  
   /** Menginput data untuk kotak yang akan dibuat */  
   public Square()  
   {  
     besar = 30;  
     xPos = 60;  
     yPos = 50;  
     color = "red";  
     isVisible = false;  
   }  
   /** Menampilkan Kotak */  
   public void makeVisible()  
   {  
     isVisible = true;  
     draw();  
   }  
   /** Menghilangkan Kotak */  
   public void makeInvisible()  
   {  
     erase();  
     isVisible = false;  
   }  
   /** Menggeser kotak beberapa pixel ke kanan */  
   public void kanan()  
   {  
     moveHorizontal(10);  
   }  
   /** Menggeser kotak beberapa pixel ke kiri */  
   public void kiri()  
   {  
     moveHorizontal(-10);  
   }  
   /** Menggeser kotak beberapa pixel ke atas */  
   public void naik()  
   {  
     moveVertical(-10);  
   }  
   /** Menggeser kotak beberapa pixel ke bawah */  
   public void turun()  
   {  
     moveVertical(10);  
   }  
   /** Method yang digunakan untuk menggeser objek ke kiri dan ke kanan */  
   public void moveHorizontal(int distance)  
   {  
     erase();  
     xPos += distance;  
     draw();  
   }  
   /** Method yang digunakan untuk menggeser objek ke atas dan ke bawah */  
   public void moveVertical(int distance)  
   {  
     erase();  
     yPos += distance;  
     draw();  
   }  
   /** Merubah ukuran kotak*/  
   public void changebesar(int newbesar)  
   {  
     erase();  
     besar = newbesar;  
     draw();  
   }  
   /** Merubah warna, yang tersedia adalah "red", "yellow", "blue", "green",  
     "magenta" dan "black".*/  
   public void changeColor(String newColor)  
   {  
     color = newColor;  
     draw();  
   }  
   /* Membuat Kotak */  
   private void draw()  
   {  
     if(isVisible) {  
       Canvas canvas = Canvas.getCanvas();  
       canvas.draw(this, color,  
           new Rectangle(xPos, yPos, besar, besar));  
       canvas.wait(10);  
     }  
   }  
   /* Menghapus Kotak */  
   private void erase()  
   {  
     if(isVisible) {  
       Canvas canvas = Canvas.getCanvas();  
       canvas.erase(this);  
     }  
   }  
 }  

Triangle

 import java.awt.*;  
 /**  
  * @editor M Husni Ridhart A  
  * @version 1.0 (16 Sept 2018)  
  */  
 public class Triangle  
 {  
   private int tinggi;  
   private int lebar;  
   private int xPos;  
   private int yPos;  
   private String color;  
   private boolean isVisible;  
   /** Data Input untuk Segitiga yang akan di buat*/  
   public Triangle()  
   {  
     tinggi = 30;  
     lebar = 40;  
     xPos = 50;  
     yPos = 15;  
     color = "black";  
     isVisible = false;  
   }  
   /** Menampilkan Segitiga */  
   public void makeVisible()  
   {  
     isVisible = true;  
     draw();  
   }  
   /** Menghapus Segitiga */  
   public void makeInvisible()  
   {  
     erase();  
     isVisible = false;  
   }  
   /** Menggeser segitiga beberapa pixel ke kanan */  
   public void kanan()  
   {  
     moveHorizontal(20);  
   }  
   /** Menggeser segitiga beberapa pixel ke kiri */  
   public void kiri()  
   {  
     moveHorizontal(-20);  
   }  
   /** Menggeser segitiga beberapa pixel ke atas */  
   public void atas()  
   {  
     moveVertical(-20);  
   }  
   /** Menggeser segitiga beberapa pixel ke bawah */  
   public void bawah()  
   {  
     moveVertical(20);  
   }  
   /** Method untuk menggeser segitiga ke kiri dan ke kanan */  
   public void moveHorizontal(int distance)  
   {  
     erase();  
     xPos += distance;  
     draw();  
   }  
   /** Method untuk menggeser segitiga ke atas dan ke bawah */  
   public void moveVertical(int distance)  
   {  
     erase();  
     yPos += distance;  
     draw();  
   }  
   /** Mengubah ukuran Segitiga */  
   public void changeSize(int newtinggi, int newlebar)  
   {  
     erase();  
     tinggi = newtinggi;  
     lebar = newlebar;  
     draw();  
   }  
   /** Merubah warna, yang tersedia adalah "red", "yellow", "blue", "green",  
     "magenta" dan "black".*/  
   public void changeColor(String newColor)  
   {  
     color = newColor;  
     draw();  
   }  
   private void draw()  
   {  
     if(isVisible) {  
       Canvas canvas = Canvas.getCanvas();  
       int[] xpts = { xPos, xPos + (lebar/2), xPos - (lebar/2) };  
       int[] ypts = { yPos, yPos + tinggi, yPos + tinggi };  
       canvas.draw(this, color, new Polygon(xpts, ypts, 3));  
       canvas.wait(10);  
     }  
   }  
   private void erase()  
   {  
     if(isVisible) {  
       Canvas canvas = Canvas.getCanvas();  
       canvas.erase(this);  
     }  
   }  
 }  

Komentar

Postingan Populer